6 Nutrisi Penting untuk Menjaga Kesehatan Seiring Bertambahnya Usia
Sumber: Canva.com

Health / 3 April 2024

Kalangan Sendiri

6 Nutrisi Penting untuk Menjaga Kesehatan Seiring Bertambahnya Usia

Aprita L Ekanaru Official Writer
364

Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

1 Korintus 6:19-20 

Rasul Paulus memberikan perenungan mendalam tentang bagaimana seharusnya kita memandang tubuh kita. Lewat ayat ini, kita diajak untuk memahami tubuh kita bukan sekadar materi, melainkan sebagai tempat yang kudus, dihuni oleh Roh Kudus sendiri. Lalu, bagaimana kita bisa memuliakan Allah dengan tubuh kita?  Salah satu caranya adalah dengan menjaga kesehatan. Tubuh yang sehat adalah bait yang layak bagi Roh Kudus. Menjaga kesehatan tubuh kita bisa dengan cara memberikan nutrisi tepat yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Kebutuhan nutrisi kita berubah seiring bertambahnya usia. Seiring bertambahnya usia, tubuh kita membutuhkan lebih sedikit kalori, tetapi membutuhkan lebih banyak nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan fungsi tubuh yang optimal. Berikut adalah beberapa nutrisi penting yang perlu diperhatikan seiring bertambahnya usia:

1. Protein

Protein penting untuk membangun dan memelihara massa otot, yang dapat menurun seiring bertambahnya usia. Orang dewasa yang lebih tua membutuhkan sekitar 0,8 gram protein per kilogram berat badan per hari. Sumber protein yang baik termasuk daging tanpa lemak, ikan, telur, kacang-kacangan, dan produk susu.

2. Kalsium

Kalsium penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Orang dewasa yang lebih tua membutuhkan sekitar 1.200 miligram kalsium per hari. Sumber kalsium yang baik termasuk susu, yogurt, keju, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

3. Vitamin D

Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium. Orang dewasa yang lebih tua membutuhkan sekitar 600 IU vitamin D per hari. Sumber vitamin D yang baik termasuk sinar matahari, ikan berlemak, dan telur.

4. Vitamin B12

Vitamin B12 penting untuk kesehatan saraf dan darah. Orang dewasa yang lebih tua mungkin mengalami kesulitan menyerap vitamin B12 dari makanan, sehingga mereka mungkin perlu mengonsumsi suplemen. Sumber vitamin B12 yang baik termasuk daging, ikan, telur, dan produk susu.

5. Serat

Serat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan dapat membantu menurunkan kolesterol. Orang dewasa yang lebih tua membutuhkan sekitar 25 gram serat per hari. Sumber serat yang baik termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

6. Antioksidan

Antioksidan membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Sumber antioksidan yang baik termasuk buah-buahan, sayuran, dan teh hijau.

Menjaga kesehatan adalah perjalanan seumur hidup.  Ada saatnya kita mengalami sakit atau cedera.  Namun, dengan menjalani gaya hidup sehat dan mengandalkan pertolongan Tuhan, kita bisa memiliki tubuh yang kuat dan menjadi bait yang layak bagi Roh Kudus.

Dengan tubuh yang sehat, kita bisa lebih optimal melayani Tuhan, menjalankan tugas dan panggilan kita, dan semakin serupa dengan Kristus.  Marilah kita wujudkan penghormatan kita kepada Tuhan dengan menjaga kesehatan tubuh kita.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami